MENGHADAPI INTERVIEW KERJA MELAUI TELEPON

https://i1.wp.com/www.careersinrecruitment.org/wp-content/uploads/2014/01/phone.jpg

Pernahkah Anda mendapatkan interview kerja melalui telepon? Saat ini banyak perusahaan yang melaukan interview melalui telepon karena dapat menghemat waktu dan meminimalkan biaya sehubungan calon karyawan yang mungkin tinggal sangat jauh dari lokasi kantor. Meskipun terdengar mudah karena Anda tidak perlu berhadapan langsung dengan si pewawancara, namun nyatanya ini lah kesulitannya. Anda dituntut meyakin pewawancara hanya dengan suara dan kalimat. Tentunya sangat berbeda jika dibandingkan wawancara langsung, Anda bisa meyakinkan pewawancara dengan banyak hal seperti gesture, mimik wajah, dll.

Supaya tidak bingung, ini beberapa tips untuk menghadapi wawancara via telepon:

Prepare! Prepare! Prepare!

Tentu saja cara memperlakukan interview langsung dan melalui telepon sama saja. Anda harus siap dengan segala pertanyaan mengenai perusahaan dan pekerjaan yang Anda lamar. Biasanya interview diberitahukan beberapa hari sebelumnya, maka gunakanlah waktu ini untuk mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya. Jangan pernah mencoba membuka file atau computer ketika interview berlangsung karena pewawancara pasti akan tahu. Anda boleh membuat catatan-catatan kecil di tembok, namun pastikan catatan tersebut dapat dijangkau penglihatan Anda tanpa usaha-usaha yang keras. Namun lebih baik jika Anda tidak menggunakannya karena akan terdengar lebih percaya diri. Namun Anda harus menyiapkan CV Anda di dekat Anda, karena pewawancara bisa jadi mencocokan apa yang Anda katakana dengan yang ada di CV. Jika memungkinkan cari tahu siapa yang akan mewawancarai Anda, gunakan berbagai sumber seperti internet.

Berlatihlah di depan kaca atau orang lain untuk lebih meyakinkan. Siapkan bahan wawancara Anda agar nanti tidak bicara asal-asalan. Berlatih berbicara agar tidak terlalu panjang lebar ketika Anda diwawancarai nanti. Bicaralah to the point untuk menghidari kejenuhan pewawancara. Ingat! Wawancara via telepon biasanya lebih singkat dari wawancara langsung. Artinya, Anda memiliki waktu yang terbatas untuk membuat kesan yang baik. Jadi pikirkan apa yang Anda katakan sebelum berbicara. Selain itu berlatihlah berbicara dengan nada bicara yang jelas dan intonasi yang tepat untuk menghasilkan komunikasi yang efektif. Jika lawan biacara sering mengatakan “maaf” berarti ada ketidakjelasan disana. Hindari juga pengulangan kata seperti “hal ini, hal itu, anda tahu,dll” dan kata “Apa? Hah?”, lebih baik ucapkan “maaf” atau “permisi”. Siapkan jawaban-jawaban yang mungkin tidak ada di CV agar pewawancara tertarik. Ingatlah, Practice makes perfect!

Akhirnya hari yang Anda nanti telah tiba. Lalu apa yang harus dilakukan?

Berlakulah seperti Anda akan melakukan wawancara langsung. Gunakan pakaian yang pantas jika perlu. Jangan berbicara sambil duduk, berdiri akan lebih baik. Selain itu bicaralah sambil tersenyum. Meskipun pewawancara tidak dapat melihat anda secara langsung, namun semangat Anda akan sampai di telinga pewawancara, percayalah.

Pastikan kondisi aman terkendali. Pastikan baterai HP terisi penuh dan sinyal di tempat Anda wawancara stabil. Sebelum melakukan interview, ada baiknya Anda mencoba telepon untuk memastikan apakah volume suaranya sudah pas. Selain itu, hindarilah tempat-tempat yang ramai. Tempat yang relative sepi akan membuat Anda fokus dan memudahkan menerima kalimat-kalimat yang dilontarkan pewawancara. Beritahukan orang di sekitar Anda bahwa Anda akan melakukan pewawancara sehingga mereka tidak akan menganggu di tengah-tengah wawancara. Selain itu persiapkan CV di dekat Anda, pastikan letaknya mudah dijangkau. Alat tulis dasar seperti kertas dan alat tulis juga perlu dipersiapkan jika nanti diperlukan.

Krrriiiinggggg! Tentu saja Anda sudah tahu bahwa aka nada yang menelpon hari ini. Maka jangan sampai Anda menjawab “Ini siapa ya?”. Jawablah dengan kalimat yang elegan, tunjukkan bahwa Anda professional. Mintalah waktu 5-10 menit pada pewawancara. Katakan bahwa Anda sedang melakukan kegiatan lain dan akan menyelesaikannya segera. Nah, gunakan waktu ini untuk benar-benar siap. Catat nama pewawancara, siapkan kertas dan pulpen, cv, dan bersiap di tempat yang telah Anda tentukan.

It’s about Time to Face a Real War!

Dengar dengan baik setiap pertanyaan pewawancara dan pikirkan sebelum Anda menjawabnya. Di awal interview, tanyakan berapa banyak waktu yang disediakan dan kandidat seperti apa yang mereka cari. Katakan bahwa Anda telah membaca deskripsi tentang pekerjaan yang Anda lamar, namun Anda akan lebih menyukai jika tahu langsung dari pewawancara. Catat catatan yang perlu agar nanti bisa menjadi bahan bertanya atau bahakan mengucapkan terimakasih. Di akhir wawancara, tanyakan mengenai proses selanjutnya untuk menunjukkan seberapa bersemangat Anda dengan pekerjaan ini. Anda juga bisa mengajukan pertanyaan cerdas lain untuk menunjukkan betapa tertariknya Anda bekerja di perusahaan tersebut seperti “Apakah kualifikasi Saya sesuai dengan yang perusahaan inginkan?”. Setelah itu akhiri wawancara dengan anggun. Jadilah sopan dan ucapkan terimakasih.

Follow up

Setelah wawancara itu selesai, kirimkan email ke pewawancara Anda untuk berterima kasih atas waktu mereka. Gunakan subjek nama Anda dan posisi yang Anda lamar. Hal ini juga menunjukkan bahwa Anda masih berminat.

http://www.forbes.com/sites/learnvest/2013/10/23/6-steps-to-nailing-a-job-interview-over-the-phone/

http://www.forbes.com/sites/lisaquast/2014/03/03/job-seekers-treat-telephone-interviews-like-in-person-interviews/

http://www.forbes.com/sites/susanadams/2012/02/07/how-to-ace-a-job-interview-on-the-phone/

http://news.okezone.com/read/2014/03/01/370/948517/bersiap-wawancara-kerja-via-telepon

http://news.okezone.com/read/2012/11/10/370/716554/usir-nervous-saat-interview-via-telepon

http://tipskarir.com/4-tips-sukses-hadapi-proses-wawancara-kerja-via-telepon/

http://www.merdeka.com/gaya/hindari-kesalahan-ini-saat-wawancara-lewat-telepon.html

http://wolipop.detik.com/read/2012/10/08/183324/2057631/1133/kunci-sukses-saat-wawancara-kerja-melalui-telepon

http://ikhtisar.com/tip-wawancara-melalui-telepon/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s