HOW TO MAKE INCREDIBLE COVER LETTER

https://expertbeacon.com/sites/default/files/find_a_recruiting_firm_that_will_meet_your_job_search_needs.jpg

“Mencari Pekerjaan” adalah rutinitas bagi mahasiswa yang baru saja lulus. Biasanya para fresh graduates ini datang ke beberapa jobfair untuk mencari apakah ada pekerjaan yang cocok atau tidak. Tidak sedikit juga yang mendaftarkan diri melalui situs online. Tentu saja nama-nama situs online seperti jobstreet.com dan jobdb.com sudah tidak asing di telinga para job seeker ini. Baik jobfair maupun online job sites memiliki kesamaan, sama-sama banyak pendaftar bahkan untuk perusahaan besar bisa mencapai ribuan pendaftar.
Sudah 3 bulan terakhir ini saya juga termasuk dalam barisan para pencari kerja. Daftar sana sini, tes, dan akhirnya gagal. Yah.. saya anggap ini bagian dari jalan menuju sukses meskipun kadang-kadang ada rasa putus asa. Akhirnya saya memutuskan untuk menyusun panduan “mencari pekerjaan dengan benar”. Saya berharap panduan ini dapat mengantar saya kepada keberhasilan dalam mendapatkan pekerjaan dan juga membantu para jobseeker lain yang hampir putus asa juga. Salah satunya adalah membuat cover letter yang luar biasa. Bagaimana caranya?

1. “Make it personal”
Jangan pernah berharap dalam sebuah pekerjaan Anda hanya akan mendapati puluhan pesaing. Pengalaman saya mendaftar di beberapa perusahaan besar bahkan mereka bisa menerima ribuan sampai belasan ribu pendaftar. HR manager mungkin cukup sulit untuk membaca semua cover letter yang masuk, maka buatlah cover letter yang lebih personal. Hilangkan kata-kata “Dear Sir/Madam”, carilah informasi tentang nama HR Manager. Dari mana? Kita punya google, facebook, linkedin, company website, atau jika perlu telepon perusahaan untuk cari tahu nama HR Manager. Mungkin yang terakhir akan sulit tapi setidaknya anda telah mencoba.

2. “State the job you want”
Perusahaan bisa menawarkan banyak jenis pekerjaan dalam sekali waktu. Maka tulislah apa pekerjaan yang anda inginkan. Jangan pernah berharap perusahaan akan menelpon Anda untuk menanyakan hal tersebut karena mungkin hal tersebut akan memakan waktu dan repot.

3. “Tell them why you picked them”
Hindari menceritakan tentang siapa diri anda. Perusahaan mungkin akan jenuh membacanya. Bayangkan ketika Anda menemui orang baru dan dia hanya menceritakan tentang dirinya, mungkin pergi secepat-cepatnya adalah yang ingin Anda lakukan. Oleh karena itu, ceritakan sesuatu yang lain seperti cerita bagaimana perusahan mencapai kesuksesan dan kegiatan sosial perusahaan, buatlah perusahaan merasa bahwa Anda benar-benar mengidolakannya dan buatla perusahaan merasa spesial. Jangan ceritakan sesuatu yang biasa.

4. “Tell Them Why They Should Pick You”
Perusahaan biasanya menuliskan deskripsi pekerjaan Anda jika nanti Anda diterima. Pilihlah tiga deskripsi pekerjaan lalu ceritakan kepada perusahaan bagaimana anda melakukan pekerjaan Anda nantinya. Gunakan pengalaman Anda sebagai contoh.

5. “Show Passion”
Ceritakan bagaimana Anda sangat menginginkan pekerjaan tersebut. Gunakan kalimat-kalimat yang tidak biasa. Misal “I would like” bisa diganti dengan “I would love”. Tunjukkan betapa pekerjaan tersebut sangat berarti untuk Anda.

6. “Show Kindness”
Buatlah akhir dari cover letter Anda mengesankan. Misalnya, Anda bisa menulis “I know recruiting is quite stressful and i hope it’s going well as you thought”. Ini dapat menjelaskan bagaimana karakter Anda. Anda mungkin bisa meninggalkan kesan kepada HR manager karena memahami bagaimana kondisinya saat ini.

Itu tadi yang bisa saya bagikan. Semoga tulisan saya bisa mengantar Anda kepada kesuksesan. Jika Anda menginginkan penjelasan lebih lanjut Anda bisa mencari videonya di youtube Aimee Bateman atau langsung mengunjungi websitenya di www.careercake.com.

Sumber:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s